Jumat, 12 Januari 2018

Kisi Kisi USBN PAI SD,SMP,SMA,SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Kisi  Kisi USBN PAI SD,SMP,SMA,SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 ini merupakan kisi2 terbaru yang akan kami bagikan dalam postingan kali ini. Penyempurnaan kisi - kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) dilaksanakan Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) ini menjadi bahan yang sangat dinantikan oleh semua peserta UN untuk mengetahui cakupan materi yang akan dimuat dalam soal ujian nasional tahun ini.

Kisi Kisi USBN PAI untuk jenjang SD, SMP dan SMA dan SMK ini terdiri dari 5 paket anchor items yang masing-masing menggunakan 2 pendekatan kurikulum (KTSP 2006 dan Kurikulum 2013). Selain Kisi Kisi USBN, Kemdikbud juga merampungkan penyusunan dokumen Soal Praktek USBN, dan POS (Prosedur Operasional Standar) USBN 2017/2018 yang akan menjadi pedoman pelaksanaan USBN.

Kisi  Kisi USBN PAI SD,SMP,SMA,SMK 2018

Dari Penyusunan Kisi-Kisi USBN PAI Angkatan 1 sebelumnya yang diselenggarakan bulan September 2017 baru dihasilkan blue print atau kisi-kisi umum dan anchor items awal. Setelah berbagai masukan dan pertimbangan dari peserta penyusun kisi-kisi USBN disepakati bahwa untuk USBN PAI tahun ajaran 2017/2018, Kementerian Agama resmi menyusun 5 paket anchor items. Kasubdit PAI SD/SDLB sekaligus Ketua Pokja USBN meyakinkan bahwa kisi-kisi USBN PAI akan dikirim ke daerah melalui Kanwil Kemenag Provinsi segera setelah Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menerima dan mensahkannya.

Mulai USBN tahun ini dan kedepannya Ujian Praktek juga dibunyikan secara khusus pada POS USBN yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Untuk itu pada kegiatan penyusunan kisi-kisi USBN PAI ini peserta pun diwajibkan menyusun Soal Ujian Praktek USBN sebagai acuan di daerah. Untuk jenjang SD dan SMP, Ujian Praktek meliputi 4 kemampuan yaitu Membaca Al Quran, Menghafal Ayat-ayat Pilihan, Pelaksanaan Shalat (termasuk macam-macam Sujud dan Sholat Jamak Qashar untuk pendekatan Kurtilas) dan Tata Cara Berwudhu. Adapun untuk jenjang SMA/SMK ada 3 kompetensi yakni Membaca Al Quran, Shalat Jenazah dan Manasik Haji.

Download Kisi Kisi USBN SD/SMP/SMA/SMK Kurikulum 2013 & KTSP


  1. Kisi - kisi USBN PAI SD (KTSP) - Download
  2. Kisi - kisi USBN PAI SD (Kurikulum 2013) - Download
  3. Kisi - kisi USBN PAI SMP (KTSP) - Download
  4. Kisi - kisi USBN PAI SMP (Kurikulum 2013) - Download
  5. Kisi - kisi USBN PAI SMA (KTSP) - Download
  6. Kisi - kisi USBN PAI SMA (Kurikulum 2013) - Download
  7. Kisi - kisi USBN PAI SMK (KTSP) - Download
  8. Kisi - kisi USBN PAI SMK (Kurikulum 2013) - Download

Diharapkan dengan artikel tentang "Kisi  Kisi USBN PAI SD,SMP,SMA,SMK Tahun Pelajaran 2017/2018" ini dapat membantu anda dalam membuat persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018. Kritik dan Saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Blog ini menyediakan berbagai Kisi Kisi dan Soal untuk persiapan Ujian Nasional, USBN, dan UNBK semua jenjang sekolah.
Load disqus comments

0 komentar